Jumat, 23 Desember 2011

Artikel Tentang Teknologi WiMax

Teknologi WiMax


Pict From: http://wehans.blogspot.com/

WiMax atau nama kerennya 4G adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access . Dari beberapa artikel yang saya baca mengenai WiMax, itu dapat saya simpulkan bahwa WiMax adalah teknologi jaringan nirkabel pita lebar sebagai hasil pengembangan dari teknologi BWA (Broadband Wireless Access). 

WiMax juga memiliki kecepatan transfer data yang tinggi mencapai kira-kira 144Mbps, selain itu jangkauannya pun luas hingga dapat mencapai 30 mil sehingga banyak di gunakan di pedesaan ataupun perkotaan. 

WiMax pada prinsipnya memang sama dengan WiFi yaitu sama-sama teknologi berbasis nirkabel. Tapi keduanya memiliki perbedaan dari segi standar teknis yang ada pada kedua teknologi ini.Untuk WiFi menggunakan standar IEEE 802.11 yang digabung dengan ETSI HiperLAN untuk cakupan WLAN. Sedangkan WiMax menggabungkan standar IEEE 802.16 dan ETSI HiperMAN, sehingga cakupannya lebih luas dari WiFi. Selain itu  WiMax juga memiliki sistem keamanan yang lebih baik dari pada WiFi.

Beberapa keuntungan WiMax:
  • Untuk Operator telekomunikasi dapat menghemat investasi dalam bentuk perangkatnya. Kemampuan WiMax yang dapat menjangkau cakupan yang lebih luas memudahkan untuk melayani para pelanggannya.
  • Untuk yang hobi berselancar di internet, WiMax memberikan kemudahan koneksi ke internet yang berkualitas dan juga mudah. 
  • Memiliki fitur tambahan dari teknologi pendahulunya (WiFi), WiMax yang menggabungkan standar IEEE 802.16 dan ETSI HiperMAN, sehingga cakupannya pun menjadi lebih luas dari pada WiFi. 
  • Membuka lapangan kerja baru bagi para produsen mikroelektronik, yang membuat chip-chip khusus untuk semua perangkat Wireless.
Berikut ini contoh gambar topologi WiMax
 Pict From: http://www.nextgnetworks.net/


Sumber:
http://id.wikipedia.org
http://gudangmateri.com/2010/12/wimax-sebagai-dasar-telekomunikasi.html
http://www.tabloidcplus.com
http://luliipop.student.umm.ac.id/2010/07/07wimax/#top
http://p3m.amikom.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar